Posted by: zpaulina05 | March 12, 2011

Metode “Window Shopping”

Window Shopping

Kata ini mungkin diartikan bagi mereka yang suka jalan-jalan sambil melihat-lihat saja. Mungkin tidak ada hubungannya dengan pendidikan. Tapi kali ini kata “Window shopping” sangat erat hubungannya dengan proses belajar di dalam kelas. Kegiatan ini sangat mengasikan jika kita lakukan di dalam kelas. Caranya sederhana saja. Sebelumnya siswa dibagi beberapa kelompok sesuai dengan berapa bagian materi yang akan disampaikan. Usahakan materi berbeda disetiap kelompok supaya ada rasa ingin tahu siswa dari kelompok lain. Bisa juga materi yang sama hanya tujuannya untuk melihat kelompok yang terbaik.  Setelah kegiatan diskusi kelompok hasilnya ditempelkan di karton manila yang bisa ditambahkan hiasan dengan kertas warna-warni. Hasilnya dipajang atau dipegang oleh salah satu siswa. Siswa dari kelompok lain melakukan “Window Shopping” / mengamati hasil dari kelompok lain. Tentu saja diatur secara bergilir supaya tidak kacau. Untuk memotivasi siswa, beri p Diharapkan dengan kegiatan “Window Shopping “ ini siswa bisa memahami pembelajaran yang diberikan dengan materi yang berbeda disetiap kelompok.Suasana kelas akan lebih meriah dan siswa tidak bosan karena tidak hanya duduk saja. Waktu yang diperlukan untuk membahas materi yang banyak b lebih isingkat.  Selamat mencoba !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: